ADAB AQIQAH


Waktu Aqiqah
Berdasarkan hadits Rasulullah SAW, aqiqah dilakukan mulai hari ketujuh setelah lahir, dan tidak ada batas waktu, jika anak telah baligh dan belum dilakukan, maka disunatkan melakukan sendiri.
Hewan Aqiqah
Hewan aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan berbeda, untuk anak laki-laki sebanyak dua ekor, sedangkan untuk anak perempuan sebanyak satu ekor dengan syarat memotong sama dengan syarat untuk hewan qurban, perbedaan  hanya pada waktu daging qurban disunatkan menyedekahkan sebelum dimasak, sedangkan daging aqiqah disunatkan setelah dimasak.
Berdasarkan Hadits dari Aisyah RA :
اَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ اَمَرَهُمْ اَنْ يُعَقَّ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَن الْجَارِيَةِ شَاةً (رواه الترمذى)
Artinya : Bahwasanya Rasulullah SAW memerintahkan agar menyembelih aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang umurnya sama, dan untuk anak perempuan seekor kambing (HR Tirmidzi).
Doa Memotong Hewan Aqiqah
بِسْمِ الله الرحمن الرحيم اَللَّهُمَّ رَبِّى اِنَّ هَذِهِ عَقِيْقَةُ فُلاَنِ بْنُ فُلاَنٍ.اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا فِدَاءٌلِفُلاَنِ بْنِ فُلاَنٍ مِنَ النَّارِ
Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah, ini Aqiqah (… fulan bin fulan). Ya Allah, Semoga aqiqah ini Engkau jadikan sebagai tebusan bagi .. Fulan, agar terhindar dari siksaan api neraka.
Adzan dan Doa Ketika Anak Baru lahir
Disunatkan mengadzankan anak yang baru lahir ditelinga kanan, dan iqamah ditelinga kiri. Sesuai hadits Rasulullah SAW :
اَذَّنَ بِالصَّلاَةِ فِى أُذُنِ الْحُسَنِ بْنِ عَلِىِّ حِيْنَ وَلَدَتْهُ فَا طِمَةٌ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمْ
Artinya : Rasulullah SAW adzan ditelingan Husain ketika ia dilahirkan oleh Fatimah. HR Ahmad & Tirmidzi.
Disunatkan pula membacakan doa ditelinga anak yang baru lahir dengan lafadz :
اُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لآَمَّةٍ
Artinya : Aku Mohon untukmu dengan kalimat Allah yang  Sempurna dari godaan syeitan dan dari segala binatang-binatang kecil yang berbisa dan juga dari pandangan mata yang dapat menimbulkan bahaya.

Catering Aqiqah Malang
Jln. Parangtritis 11A Sama'an Kota Malang
Telp : (0341) 487359
WA : 085100060020
BBM : D4C92B6B
Line : cateringbalibul

Komentar